Halaman

14 Juni 2011

Berbagi Tips, Tricks n Cheats Memenangkan beasiswa FESI 2011



Catatan ini lanjutan dari catatan sebelumnya "Bersiaplah Menerima BEasiswa FESI 2011"Ada beberapa pengalaman dan pengetahuan yang saya rasa perlu untuk saya bagi dengan anda yang berminat. Secara sistematis dan berurutan saya akan bagi tips dan trik ataupun cheat untuk memenangkan beasiswa FESI yang semakin lama semakin ketat seleksinya. Mulai dari transkrip, surat rekomendasi, essay motivasi, dan supporting documents lainnya. tidak ada maksud untuk mengajari selain untuk berbagi ilmu dan pengalaman. Berikut apa yang saya mau bagikan:

  1. Transcript Records atau Kartu Hasil Studi (KHS)
Transkrip atau KHS adalah salah satu dokumen wajib yang diminta panitia seleksi. Baik tidaknya IPK anda tergantung dari seberapa besar usaha teman-teman untuk belajar dan seberapa sungguh-sungguh doa teman-teman, karena saya yakin bahwa faktor fortune atau keberuntungan cukup berperan dalam perkuliahan, di samping kemampuan akademis.Perkara IPK saya tidak perlu banyak komentar karena itu menyangkut usaha yang telah lalu dan tidak mungkin diusahakan pada saat-saat ini, jadi saya akan lebih banyak bercakap pada poin-poin lain yang lebih penting.

2.   Surat Rekomendasi (Recommendation Letter)

Panitia seleksi sepertinya akan meluangkan banyak waktu membaca dan mempertimbangkan rekomendasi dari "sosok" yang mereka percayai sangat mengenal kita. Siapakah "sosok" yang saya maksud? tentu saja bukan orangtua, teman-teman, atau keluarga lainnya, namun orang yang memiliki pengaruh dan kedudukan dari sisi akademis. Dosen wali, dosen lab, ketua jurusan, dekan, ataupun rektor, atau pembantu dekan atau pembantu rektor? Anda berhak memilih siapa saja di antara mereka, yang jelas semakin tinggi strata sosok yang memberi rekomendasi (sebut saja recommender), semakin tinggi dilai jual anda di mata panitia seleksi.

Tapi ingat, jangan sembarangan meminta surat rekomendasi. MIntalah pada sosok yang anda percaya atau anda anggap paling mengenal diri anda sedalam-dalamnya. Karena ia/mereka nantinya akan bercerita tentang apa anda, siapa anda, bagaimana anda, dimana anda, mengapa anda, kapan anda, seberapa hebat anda, dan seberapa pantas anda untuk menerima beasiswa itu. Ia/mereka akan mengatakan apakah anda orang yang dapat diandalkan dalam bidang akademik maupun non-akademik, apakah anda aktif berorganisasi atau tidak, apakah anda menjadi role model bagi adik-adik tingkat anda atau tidak, apakah anda somebody dengan minat belajar dan motivasi hidup yang tinggi atau tidak, apakah anda nantinya akan sanggup berpartisipasi aktif dalam program-program yang diadakan FESI atau tidak, apakah di masa yang akan datang anda akan bersedia berkontribusi secara maksimal dalam hal evaluasi formasi, dsb. itu semua Ia/Mereka sebagai recommender yang akan bercerita, dan bukan anda. 

Keywords:
Mintalah dengan baik sosok yang anda percaya mengenal anda dan yang pihak panitia percaya terhadap dirinya, untuk membuatkan surat rekomendasi.
Cheat 1:
Saya tidak yakin recommender anda mengenal anda luar dalam, paling banyak cuma 10% lah, 90% info diri anda sebaiknya anda sampaikan sendiri kepada Beliau. Ceritakanlah aktivitas civic maupun akademik yang pernah anda lakukan, prestasi yang pernah anda raih, dsb. Maksud saya tidak ada seorangpun yang mengenal anda 100% kecuali Tuhan dan diri anda sendiri, artinya anggap saja sosok yang anda minta untuk membuat rekomendasi hanya sebagai mesin ketik, dan anda adalah yang mendikte apa yang harus diketik (anda pasti paham). Kalo masih belum paham, terpaksa sayablak-blakan. Anda buat sendiri surat rekomnedasi, seolah-olah anda adalah orang yang diminta membuat surat rekomendasi untuk seseorang (yaitu diri anda sendiri). Sehingga anda bebas dan dengan senang hati menceritakan hal-hal baik dan menarik tentang diri anda. Setelah draft jadi, silahkan menghadap calon recommender anda, ceritakan maksud anda, lalu utarakan bahwa anda membutuhkan rekomendasi beliau untuk FESI scholarship.

Berdasarkan pengalaman, calon recommender biasanya orang-orang sibuk yang tidak punya banyak waktu untuk sekedar menuliskan apa, siapa, dimana, mengapa, kapan, dan bagaimana anda. Jadi, tawarkan draft yang telah anda buat sebelumnya, dan Beliau tinggal tanda tangan....it's easy;;; Ingat...! semua draft berbahasa inggris, dan itu cukup mempermulus usaha anda jika dosen atau calon recommender anda kurang cakap untuk mengerti teks yang anda buat/ atau paling tidak hanya bisa membaca, jadi apapun yang anda tulis, He/She will not be questioning them...hhe 

Cheat 2:
At least ada dua surat rekomendasi dari dua recommender yang berbeda. Mungkin satunya dosen wali dan satunya lagi dosen lab. Dosen lab mungkin kurang lazim di Indonesia, tapi di abroad dosen lab yang lebih mengerti tentang diri anda dalam hal akademik. Anggap saja salah satu dosen yang anda minta membuatkan surat rekomendasi adalah dosen lab (sedimen, mineral, struktur, etc), sedangkan dosen wali mestinya lebih menceritakan aktiviitas dan diri anda dari sisi non akademis: kepribadian, kepemimpinan, aktivitas organisasi, dll.

3.  Education and Career Objectives
Saya fikir panitia lumayan memperhatikan diri anda terlepas dari hal-hal di luar kemampuan akdemis anda, lebih kepada sesuatu dalam diri anda, yang membuat anda bertahan, yang membuat hidup anda terasa penuh dan berarti: MOTIVASI. Jadi buatlah narasi pendek tentang apa yang memotivasi anda sehingga anda begitu tertarik pada Evaluasi Formasi, dan bagaimana anda menggunakannya untuk karir anda kedepannya. 

Cheat:
Jangan katakan bahwa anda termotivasi apply beasiswa FESI karena anda ingin membantu meringankan beban orangtua membayar uang kuliah, bayar kos, bayar SPP, beli buku pelajaran, atau karena anda ingin beli sepatu lapangan, atau palu geologi, komparator, etc.(Walaupun gak bisa dipungkiri, duit itu tujuan utama anda). Tapi ceritakan bahwa dari semenjak lahir (hhhehe) anda sudah sangat tertarik untuk mempelajari Evaluasi Formasi karena menunjang tujuan karir anda, membantu anda sebagai exploration geologist, etc.........(anda bisa improve sendiri).
Keywords:
Anda apply FESI Scholarship bukan cari duit beasiswanya, tapi pengen belajar apa sih Evaluasi Formasi itu?

4.   Curriculum Vitae                                                                                                                                               

Sebenarnya tidak ada keterangan yang secara jelas mengatakan bahwa anda harus menyertakan Curriculum Vitae anda selain 3 dokumen wajib di atas, namun saya hanya ingin berbagi apa yang sudah saya lakukan, bahwa dalam surat pengumuman yang beredar dikatakan bawha: "Additional Information: please supply any other information which is relevant to this application", maksudnya silahakan anda boleh sertakan dokumen pendukung yang masih berkaitan dengan aplikasi beasiswa FESI. Saya lalu berfikir ini adalah peluang untuk menunjukkan bahwa saya memang pantas untuk menerima beasiswa ini.

Finally, saya kirim CV yang memuat semua civic and academic activity saya selama di kampus, skill yang saya miliki, organisasi dan jabatan yang pernah saya pegang, prestasi-prestasi yang pernah saya raih mulai dari alam rahim (kalo gak berlebihan anda bisa katakan bahwa anda saat masih berwujud sperma adalah sprinter terbaik yang mengalahkan milyaran sperma lainnya saat itu,,,kidding) sampai lahir ke alam dunia, prestasi semasa TK, SD, SMP, SMA, dan di bangku kuliah. Ingat, prestasi (akademik maupun non-akademik) dan segala kegiatan yang pernah anda lakukan itu bukan cuma kata-kata karena tanpa bukti semuanya hanya dongeng belaka...hhhe. Sebagai bukti sertakanlah sertifikat yang anda punya. Scan dan lampirkanlah semua sertifikat anda. Apapun jenisnya, baik itu setifikat sebagai peserta seminar, workshop, kuliah umum, short course, kejuaraan paper atau olimpiade atau kompetisi apapun, dll.

Semakin beragam jenis sertifikat anda, saya rasa akan memberi kesan bahwa anda mahasiswa serba bisa, serba mau, serba tahu, dan serba guna...hhhhe    Di samping sertifikat, saya sarankan anda melampirkan juga foto-foto aktivitas akademik maupun non-akademik anda. Misalkan anda punya foto ketika menjadi salah satu presenter di acara PIT-IAGI, atau anda menyimpan foto ketika mengikuti olimpiade atau kompetisi lainnya, atau ketika anda memperoleh penghargaan sebagai pemain futsal terbaik se-Kelurahan, atau anda punya foto saat menjadi perenang terbaik dari golongan vertebrata, atau ketika anda memberi sambutan sebagai Ketua Umum kepanitiaan suatu acara, atau anda punya foto ketika diundang untuk tampil di depan umum memberikan materi tentang riset, manajemen dan organisasi, dll. Tapi jangan lupa beri keterangan foto yang anda lampirkan (cerita lagi dh..).

Keywords:
Selain data diri, lampirkan pula sertifikat serta foto-foto kegiatan yang anda anggap punya nilai jual  
Remember:
  • - CV full english
  • - untuk format CV yang baik saya tidak bisa berkomentar karena saya belum menemukan aturan yang mutlak. Tapi saya sarankan susunlah CV se-sistematis dan semenarik dan se-informatif dan selengkap mungkin.                          
Well, That's all I can share to you, thanx much 4 having read this note, be the winner, and good luck





mohon maaf jika dalam tulisan ini terdapat banyak kekurangan dan kesalahan kata.

Tidak ada komentar: